Sejumlah OPD di Dharmasraya Sudah Capai Kategori Informatif

Sejumlah OPD di Dharmasraya Sudah Capai Kategori Informatif Foto: Dokumen Pemkab Dharmasraya

Covesia.com - Guna mendongkrak kinerja badan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam pelaksanaan keterbukaan informasi, PPID Utama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melakukan penilaian internal terhadap seluruh PPID Pembantu di tingkat OPD.

Penilaian dibagi dalam beberapa kategori, yakni kategori Informatif, Menuju Informatif, Kurang Informatif dan kategori tidak Informatif.

Hasil penilaian ini telah diumumkan dalam kesempatan apel gabungan akhir tahun yang digelar di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (02/12/19). Dari hasil penilaian tersebut, ada 9 Perangkat Daerah yang masuk kategori informatif, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kumperdag, Dinas Pangan dan Perikanan, BKPSDM, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Sembilan Koto dan Kecamatan Timpeh. Sementara 25 Perangkat Daerah lainnya, berada pada kategori Menuju Informatif.

Sisanya, ada tiga Perangkat Daerah yang masuk kategori Kurang Informatif, yaitu Sekretariat DPRD, Dinas Satpol PP dan Damkar, dan BPBD. Malah, ada pula Perangkat Daerah yang masuk kategori Tidak Informatif, yakni Dinas Transnaker.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo, selaku PPID Utama, mengatakan, mengawali penilaian ini, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap kinerja masing-masing PPID Pembantu, sejak dua bulan terakhir. Salah satunya dengan memantau website masing-masing perangkat daerah.

"Ke depan, ini akan kita lakukan secara kontinu. Kita akan nilai kinerja setiap PPID Pembantu. Hasilnya akan kita umumkan setiap satu bulan sekali, dalam kesempatan apel gabungan. PPID Pembantu yang masuk kategori Informatif, akan kita berikan penghargaan, yang akan diserahkan langsung oleh pimpinan," ujar Budi.

Budi berharap, dengan penilaian yang dilakukan, akan muncul persaingan sehat antar Perangkat Daerah untuk berlomba-lomba menjadi badan publik paling informatif.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga