Damkar Kerahkan 70 Personil Padamkan Api yang Membakar Landmark "Padang Kota Tercinta"

Damkar Kerahkan 70 Personil Padamkan Api yang Membakar Landmark Padang Kota Tercinta Landmark "Padang Kota Tercinta" di kawasan objek wisata Gunung Padang yang terbakar, Sabtu (30/11/2019)(Foto: damkar padang)

Covesia.com - Dinas Pemadam Kebakaran kerahkan 70 personil untuk memadamkan api yang membakar ikon kota Padang atau landmark "Padang Kota Tercinta" di kawasan objek wisata Gunung Padang, Sumatera Barat yang terbakar pada Sabtu pagi (30/11/2019) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kabid Damkar Kota Padang, Basril menyebutkan, setelah mengetahui adanya kebakaran di daerah tersebut pihaknya langsung ke lokasi sekitar 05.30 Wib, dengan mengerahkan 6 unit mobil pemadam.

"Untuk memadamkan api diatas bukit tersebut kita mengerahkan 6 unit mobil ditambah satu dari dinas Kehutanan Sumbar dan dengan 70 personil," sebutnya.

Karena lokasinya di atas Bukit, jadi pihaknya menarik selang air ini ke atas, karena akses yang tidak bisa mobil ke lokasi.

"Makanya kita kerahkan personil banyak, karena ke lokasi titik api kita menarik selang sepanjang 200 meter untuk sampai ke atas, karena selang ini berat butuh personil banyak," ungkap Basril.

Lebih lanjut Basril mengatakan setelah sampai diatas api dapat dipadamkan hingga pendinginan sekitar pukul 09.00 Wib.

"Sekitar pukul 09.00 Wib, api dapat kita padamkan hingga pendinginan, jadi objek yang terbakar ini membakar 4 huruh landmark "Padang" dan menyisakan dua huruh yakni N dan G jadi yang terbakar huruf P, A, D dan A, kemudian kalau rangka dari landmmark itu masih kokoh, yang terbakar itu cuma dinding panel dari landmark tersebut," jelasnya.

Untuk penyebab dan kerugian yang ditimbulkan dari kejadian itu pihaknya belum bisa memastikan.

"Terkait penyebab kita serahkan ke pihak yang berwajib yakni Kepolisian yang berwenang terkait hal itu, dan kerugian juga belum bisa diperkirakan," pungkasnya.

(don/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga