Plang ''Rawan Longsor'' Dipasang di Padang Panjang Antisipasi Dampak Bencana

Plang Rawan Longsor Dipasang di Padang Panjang Antisipasi Dampak Bencana Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Pemerintahj Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) memasang plang pemberitahuan kawasan bencana di dua kelurahan di kota tersebut, Jumat (29/11/2019). Pemasangan itu berdasarkan arahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam memfasilitasi pemasangan plang sekaligus sosialisasi kawasan rawan longsor.

"Untuk Padang Panjang ini hasil dari survey dan koordinasi dengan daerah terkait, ada dua Kelurahan yang akan di pasang plang pemberitahuan yaitu RT 5 Kelurahan Tanah Hitam dan Kelurahan Sigando," ujar Kasubdit Penertiban Pemanfaatan Ruang Wilayah Sumatera Kementerian ATR/BPN, Stefanus Eko Pramuji.

Ia menambahkan untuk Provinsi Sumatera Barat ada tiga Kabupaten/Kota yang diberikan fasilitas pemasangan plang, yakni Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang Panjang.

"Jika sudah terjadi curah hujan yang tinggi ditambah lagi tidak adanya penyangga atau tumbuhan yang mampu untuk menahan serapan air maka musibah bencana longsor memang tidak bisa dihindari," jelasnya.  

Pemasangan plang ini, tambahnya dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat yang berada di daerah rawan longsong agar tidak melakukan aktivitas atau memanfaatkan ruang diluar batas yang telah ditetapkan, seperti berkebun, berladang atau lain sebagainya.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga