Gas 3 Kg di Kios Ayam Meledak, Pasar Bawah Bukittinggi Nyaris Jadi Abu

Gas 3 Kg di Kios Ayam Meledak Pasar Bawah Bukittinggi Nyaris Jadi Abu Tampak petugas Damkar Bukittinggi saat berjibaku memadamkan api yang menjalar dari kios Ayam di Pasar Bawah Bukittinggi, Jumat (29/11/2019)(Foto: Covesia/ Debi)

Covesia.com - Pasar tradisional pasar bawah Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) nyaris jadi abu akibat adanya gas 3 Kilogram (kg) meledak di salah satu kios penjual ayam potong, sekitar pulu 14.00 WIB, Jumat (29/11/2019).

Tuti (48), pemilik kios ayam potong tersebut menuturkan saat berada dalam kiosnya tiba-tiba gas tersebut meledak dan hal itu sontak membuatnya terkejut dan langsung berteriak. 

"Tiba-tiba saja gas itu meledak, saya tidak tau kenapa bisa meledak. Saya langsung menyelamatkan diri," katanya. 

Ia juga menambahkan disaat gas meledak, langsung muncul percikan api yang kemudian menyambar atap kios tersebut.

"Saat berusaha menyelematkan sisa ayam dalam kios tersebut, api sempat membakar rambut salah seorang warga sekitar yang berusaha menolong, namun beruntung api tidak membakar semua rambutnya," jelasnya. 

Ia menyebutkan suara ledakan gas cukup kuat sehingga membuat sejumlah pedagang dan pembeli di dalam pasar panik dan berhamburan menyelamatkan diri. 

Pantauan di lokasi, api juga membakar dua kios lainnya yang berdekatan dengan kios ayam tersebut. Dengan sigap pedagang sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya agar api tidak menyambar bagian kios lain. 

Selang beberapa menit kemudian, pemadam kebakaran yang dibantu warga berusaha memadamkan api. Dan api dapat dijinakkan 15 menit kemudian. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah. 

(deb/don)


Berita Terkait

Baca Juga