11 Jenis Bencana Ancam Pasbar, Pemkab Imbau Masyarakat Waspada

11 Jenis Bencana Ancam Pasbar Pemkab Imbau Masyarakat Waspada Ilustrasi

Covesia.com - Bupati Pasaman Barat, Yulianto meminta masyarakat selalu mewaspadai jika sewaktu-waktu bencana melanda daerah itu. Setidaknya ada 11 jenis bencana yang mengancam daerah tersebut, mulai dari banjir hingga tanah longsor.

"Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan bahwa ada 11 jenis bencana yang mungkin terjadi, yaitu banjir, gelombang ekstrim, gempa bumi, cuaca ekstrim, dan tanah longsor,"terang Bupati Yulianto saat mengelar Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penanggulangan Bencana di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (28/11/2019)

Selain itu, ujarnya, bencana kekeringan, kebakaran lahan, tsunami, gagal teknologi, epidemiologi, dan konflik sosial yang sewaktu-waktu juga bisa terjadi.

Banyaknya jenis Bencana yang mengancam tersebut, kata Yulianto, disebabkan kondisi geografis Pasbar yang sebagian besar wilayah datar.

"Sebagian lagi berupa daerah perbukitan, pegunungan, lautan dan pesisir pantai, serta pulau-pulau kecil. Sehingga menjadikan Pasbar wilayah yang rawan terhadap bencana," tambahnya.

Memahami potensi bencana ini kata dia, Pemerintah daerah tengah mengupayakan pencegahan dan mitigasi bencana.

"Salah satunya keseriusan kita terhadap mengantisipasi bahaya bencana ini dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penanggulangan Bencana," katanya. 

Menurut Yulianto, saat ini paradigma penanggulangan bencana telah berubah dari penanganan dampak bencana menjadi pengurangan risiko bencana.

"Fokusnya tidak lagi pada tahap setelah bencana terjadi. Akan tetapi bagaimana membangun ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana sehingga meminimalkan kerugian yang ditimbulkan oleh bencana, baik kerugian jiwa maupun harta benda," katanya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga