BKSDA Evakuasi Seekor Buaya Sepanjang 3,7 Meter di Pesisir Selatan

BKSDA Evakuasi Seekor Buaya Sepanjang 37 Meter di Pesisir Selatan Evakuasi buaya oleh Petugas BKSDA di Painan, Pessel.(Istimewa)

Covesia.com - Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA), Sumatera Barat (Sumbar) melakukan evakuasi seekor buaya sepanjang 3,7 meter di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, pada Kamis (28/11/2019).

Kepala Resor BKSDA, Bilmar mengatakan, pemindahan seekor buaya dengan panjang 3,7 Meter dan berat 1,5 ton itu, diminta langsung oleh si pemelihara. Sebab, buaya tersebut sudah mulai membahayakan. 

"Sekarang baru dapat kita evakuasi. Padahal, si pemilik sudah dari satu bulan lalu menghubungi kami dan waktu itu kami juga keterbatasan alat, "katanya pada Covesia.com usai melakukan evakuasi  buaya di Painan.

Ia menerangkan, selama proses evakuasi pihaknya sedikit mengalami kesulitan. Karena, buaya itu sempat mengadakan perlawanan pada petugas.

"Setelah dievakuasi buaya itu akan dipindahkan ke Lembaga Konservasi di bawah binaan BKSDA Sumatera Utara. Di sana akan dilakukan proses rehabilitasi, "terangnya

Ia menambahkan, lanjut setelah di pindahkan, pihaknya juga bakal melakukan observasi pada buaya tersebut, apakah buaya tersebut sudah bisa dilepaskan ke alam liar atau belum.

"Kita kan tahu di negara Indonesia ini hewan tersebut dilindungi Undang-undang (UU) nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE),"ujarnya.

Pada kesempatan itu, pemilik mengaku telah memelihara buaya itu selama 31 tahun lebih. Buaya dipelihara sudah sejak kecil. Bahkan, sudah dianggap sebagai bagian keluarga.

"Dulu disini kan bukan rumah makan. Setelah kami buka rumah makan, kami utuskan untuk menyerahkannya pada negara," ujar Busril.

Sementara, Idham, 50 tahun mengaku sering melihat buaya itu. Bahkan, menurutnya, sering mengajak keluarganya untuk memberi makan buaya.

"Dulu dia belum sebesar ini, jadi anak-anak saya juga senang melihatnya," singkatnya.

Kontributor: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga