Diterjang Arus Sungai Batang Asik, Akses Jalan ke Kampung Halaman Bupati Pasaman Lumpuh

Diterjang Arus Sungai Batang Asik Akses Jalan ke Kampung Halaman Bupati Pasaman Lumpuh Akses jalan di Nagari Koto Nopan, Kecamatan Rao Utara lumpuh total akibat terbannya bagian badan jalan aspal tersebut diterjang arus Sungai Batang Asik (Foto: Ist)

Covesia.com - Kampung halaman Bupati Pasaman, Yusuf Lubis Nagari Koto Nopan, Kecamatan Rao Utara lumpuh total akibat terbannya bagian badan jalan aspal tersebut diterjang arus Sungai Batang Asik.

Sekretaris Nagari Koto Rajo, Gusti Erizal ketika dikonfirmasi oleh Covesia.com, mengatakan kejadian itu berawal dari saat arus Sungai Batang Asik yang sudah mulai menghantam badan jalan aspal menuju Nagari Koto Nopan itu sejak, Selasa (26/11) dini hari.

"Curah hujan yang mengguyur daerah ini dalam waktu dua hari kemaren sangat tinggi. Disamping mengakibatkan bencana longsor di Sumbarangan, Pondok Berayun, juga membuat arus Sungai Batang Asik membesar dan menghantam sisi kiri-kanan badan jalan,"terang terang Gusti Erizal, Rabu (27/11/2019) malam.

Gusti Erizal menyebutkan badan jalan yang putus total itu terjadi di Kilometer 17 Jorong Rumbio, Nagari Koto Rajo.

"Saat ini tidak bisa lagi dilewati oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Akibatnya ribuan Kepala Kelauarga (KK) yang tersebar di Nagari Koto Nopan, maupun Jorong Koto Tinggi, Nagari Koto Rajo, Kecamatan Rao Utara saat ini terisolasi," tambahnya.

Pihaknya sangat menunggu tanggap yang cepat dari pemerintah daerah untuk menangani kondisi tersebut.

"Sebab ini satu-satunya akses kami menuju Nagari Koto Nopan. Setiap harinya ribuan masyarakat menggunakan jalan ini  untuk beraktifitas. Jika dibiarkan terus seperti ini, jelas akan merugikan masyarakat," ungkapnya.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga