Perdana, Kapolda Sumbar Sambangi Mentawai

Perdana Kapolda Sumbar Sambangi Mentawai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Irjen Polisi Fakhrizal. Foto: Covesia/ Septin Rahayu

Covesia.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Irjen Polisi Fakhrizal didampingi rombongan pejabat utama Polda melakukan kunjungan kerja (kunker) pertama dan sekaligus tatap muka bersama Forkopimda Mentawai, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat di Mapolres Mentawai, Rabu (27/11/2019).

"Kunjungan kerja ini sempat tertunda sejak beberapa waktu lalu, dan saat ini kita menampung aspirasi warga Mentawai, mencoba memberikan solusi sambil mengarahkan anggota," ujar Irjen Polisi Fakhrizal di Tuapejat, Sipora Utara. 

Ia mengapresiasi kondisi di Sumbar khususnya Mentawai termasuk daerah teraman dan kondusif Pascapileg dan Pilpres 2019 lalu.

Berdasarkan hasil diskusi, ia mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan penambahan kapal patroli di wilayah hukum Polres Mentawai ke Mabes polri.

"Idealnya setiap pulau memiliki satu kapal. Sekarang cuma ada dua, kapal kecil dan besar. Kemudian, warga juga meminta penambahan 6 Polsek dari 4 Polsek yang baru ada saat ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, warga juga meminta ditambahnya Babinkamtibmas di kecamatan. Oleh sebab itu Fakhrizal berjanji akan menambah personel Polri di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai.

"Masing-masing Polres kita tidak sampai 50 persen Daftar Susunan Personel (DSP). Khusus Polres Mentawai hanya 30 persen. Dalam waktu dekat minimal kita bisa menambah 50-75 orang untuk Mentawai," katanya.

Berkaitan rekrutmen terbatas, pihaknya akan berupaya membuat Sub Panda khusus Polres Mentawai.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau agar tetap menjaga keamanan dan kenyamanan sebagai daerah wisata surfing kelas dunia dari ancaman dari dalam maupun luar, termasuk peredaran narkoba.

"Jika ada permasalahan sekecil apapun sebaiknya cepat diselesaikan. Jangan underestimate dan sampai kecolongan. Begitu juga jika ada paham, ajaran, orang yang bisa merusak Kamtibmas, segera laporkan ke Polsek atau Polres," tuturnya.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga