Rumah Zakat Action Sumbar Terjunkan 10 relawan Tanggapi Banjir dan Longsor di Solok Selatan

Rumah Zakat Action Sumbar Terjunkan 10 relawan Tanggapi Banjir dan Longsor di Solok Selatan ejumlah relawan sedang bersihkan material akibat longsor dan banjir yang terjadi di Solok Selatan, Senin(25/11/2019). (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Setidaknya 256 jiwa dari 46 KK di Solok Selatan terdampak akibat bencana Banjir dan Longsor yang terjadi pada Rabu, (20/11/2019) lalu. Rumah zakat Action terjunkan 10 relawan guna meringankan sedikit beban korban bencana.

"Bencana banjir dan longsor tersebut mengakibatkan berbagai hal seperti putusnya jembatan sei Pangkua, hanyutnya 2 sepeda motor, sebuah mobil juga hanyut," ungkap koordinator lapangan Rumah Zakat Action, Zikra Fadlurrahman kepada Covesia, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut Zikra menjelaskan tak hanya itu, 3 rumah terseret air bahkan di pintu kayu tanah longsor menimpa badan jalan sebanyak 10 titik.

"Bahkan pengungsi di Pintu Kayu mencapai 330 orang dan rumah rusak berat ada13 rumah," terangnya.

Zikra mengatakan berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Solok Selatan setidaknya 20 rumah terendam dan diperkirakan kerugian mencapai 6,2 Milyar.

"Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujarnya.

Korlap Rumah Zakat Action ini mengungkapkan selain menurunkan 10 relawan ke lokasi terdampak Rumah Zakat Action juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait, menyiapkan 2 mobil operasional.

"Hari ini kita adakan giat lapangan dengan  membuka akses jalan yang tertimbun longsor, juga mengadakan pos segar dan pos hangat," ungkap Zikra.

Kesepuluh relawan tersebut masih berada di lokasi sampai waktu yang tidak ditentukan. 

Kontributor: Laila Marni

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga