Bantu Korban Longsor dan Banjir Bandang di Kabupaten Agam, Rumah Zakat Action Terjunkan 10 Relawan

Bantu Korban Longsor dan Banjir Bandang di Kabupaten Agam Rumah Zakat Action Terjunkan 10 Relawan Dapur umum Rumah Zakat Action di lokasi bencana alam banjir bandang dan longsor di Galapuang, Kabupaten Agam, Jumat (22/11/2019)(Foto: RZA)

Covesia.com - Menyikapi bencana Longsor dan Banjir Bandang pada Rabu (20/11/2019) di Jorong Galapung, Nagari Tanjung Sani Kec.Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Rumah zakat Action turunkan 10 relawan. 

Bencana tersebut mengakibatkan longsor berupa lumpur dan batu yang menyebabkan sejumlah rumah warga rusak serta fasilitas umum.

Tak hanya longsor juga terjadi banjir yang menutupi akses jalan sepanjang 200 meter ketinggian kurang lebih 5 meter.

"Material banjir menghanyutkan 2 unit rumah kayu," ungkap koordinator lapangan Toma, Jumat (22/11/2019).

Ia mengungkapkan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Namun, dampak kerusakan material yakninya 2 unit rumah rusak total, 55 unit rumah rusak berat, 9 rumah rusak sedang, 1 fasilitas pendidikan rusak berat, dan 1 unit fasilitas ibadah rusak total.

"Saat ini respon Rumah Zakat yakninya menerjunkan 10 Relawan ke lokasi terdampak, Need Assessment, Koordinasi dengan pihak terkait dan meyediakan 2 Mobil Operasional," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa hari ini relawan Rumah Zakat akan melakukan Assessment, Distribusi Bantuan, Dapur umum, Post Segar dan Pos Hangat.

Koordinator Lapangan Rumah Zakat itu mengatakan mengatakan bahwa saat ini korban membutuhkan Pakaian, Selimut, Alat berat loader, Air bersih, Alat kebersihan, Hygiene Kit, dan logistik.

Kontributor: Laila Marni


Berita Terkait

Baca Juga