Sepanjang Tahun 2019 Telah Terjadi 17 Kecelakaan Kereta Api di Sumbar

Sepanjang Tahun 2019 Telah Terjadi 17 Kecelakaan Kereta Api di Sumbar Foto: Istimewa

Covesia.com - Sepanjang tahun 2019 telah terjadi 17 kecelakaan kereta api di berbagai tempat di wilayah perlintasan di Sumatera Barat (Sumbar). 

Kabar terbaru kemarin sebuah mini bus Toyota Avanza no Pol BA 1338 BA melintasi perlintasan di kampung Kaliang di lintas Kuraitadji-Pariaman secara bersamaan dari arah kiri KA Sibinuang Padang-Naras menuju Pariaman, hal tersebut menyebabkan KA tertemper mobil Avanza.

"Akibat kejadian tersebut mobil Avanza terseret sjauh 100 meter dan dua orang mengalami luka-luka," ungkap Reza Kepala Humas PT KAI Drive II Sumbar kepada Covesia, Sabtu (9/11/2019).

Lebih lanjut Reza mengatakan penyebab kecelakaan secara umum adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman pengguna jalan raya terhadap peraturan keselamatan. 

"Masih banyak masyarakat yang kurang mematuhi rambu-rambu lalu lintas khususnya di sekitar wilayah perlintasan KA," ungkapnya.

Reza mengungkapkan peraturan perkeretaapian no.23 tahun 2007 pasal 94 dinyatakan bahwa (1) untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan , perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup; (2) Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

Ia menghimbau kepada seluruh pengguna jalan raya untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas guna mewujudkan keselamatan bersama.

Lebih lanjut Reza mengatakan PT KAI bersama dengan pemerintah setempat dan kementerian perhubungan dalam hal ini DJKA terus melakukan sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api agar tidak terjadi lagi kecelakaan.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga