Wagub Sumbar Minta Bupati Solok dan Solok Selatan Duduk Bersama dengan KPU

Wagub Sumbar Minta Bupati Solok dan Solok Selatan Duduk Bersama dengan KPU Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (Foto: Laila)

Covesia.com - Beberapa waktu lalu santer berita bahwa Solok dan Solok Selatan terancam gagal melaksanakan Pilkada serentak 2020 mendatang dikarenakan kurangnya anggaran untuk pelaksanaan tersebut.

"Saya minta kedua bupati dari Solok dan Solok Selatan untuk duduk bersama KPU bersangkutan menyelesaikan permasalahan ini," ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat ditemui di ruangannya, Rabu (6/11/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ini kedua bupati tersebut hendaknya menegosiasikan hingga anggaran Pilkada mendatang bisa terpenuhi.

"Saya juga meminta untuk para staf tidak berkomentar macam-macam. Kita ini penyelenggara pemerintah, jadi harus melaksanakan dan tanggungjawab dari APBD selayaknya dianggarkan," ungkapnya.

Selain itu, komisioner KPU Sumbar Nova Indra mengatakan bahwa pilkada adalah agenda Nasional, bukan agenda Pemprov. "Hari ini kita laporkan ke gubernur mengenai permasalahan yang terjadi di dua tempat di Sumbar tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa dari KPU sama sekali tidak ada kendala. "Hanya masalah anggaran yang tidak memadai," tukasnya.

"Kita mengharapkan permasalahan ini dibahas bersama-sama antara pemerintah dan KPU, sehingga tidak menggangu jalannya tahapan," tutupnya.

Kontributor: Laila Marni



Berita Terkait

Baca Juga