Wabup 50 Kota Sarankan Kadis DPMPTSP Laporkan Hadiah ke KPK

Wabup 50 Kota Sarankan Kadis DPMPTSP Laporkan Hadiah ke KPK Wabup Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan ( Foto: Dok.Pribadi)

Covesia.com - Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan menyarankan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Limapuluh Kota, Ambardi untuk melaporkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI karena telah menerima hadiah dari warga asing. Penerimaan hadiah ini terkuak setelah adanya video yang beredar ke tengah masyarakat. 

"Lebih baik Ambardi bersikap Gentlement untuk melaporkan diri ke KPK RI soal hadiah yang diterimanya kemarin. Apalagi hadiah diberi oleh warga asing. Ini untuk menghindari prasangka buruk atau fitnah yang nanti menjatuhkan beliau," Sebut Wabup kepada Covesia.com, Rabu (6/11/2019).

Sebagai tupoksi pengawasan yang diemban oleh Wabup, Ferizal mengatakan apapun hadiah yang diberikan kepada ASN atau pejabat negara harus dilaporkan ke KPK RI. Pasalnya, sudah bisa mengarah pada gratifikasi sesuai UU no 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Apapun itu isinya, harus dilaporkan ke KPK dalam rentang waktu 30 hari setelah menerima hadiah. Nanti biar KPK yang menilai. Apakah masuk dalam kategori gratifikasi atau tidak," katanya.

Namun, Wabup menyayangkan penerimaan bingkisan oleh Ambardi ini. Harusnya Ambardi bisa belajar dari pengalaman dirinya kemarin yang diberi uang oleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi.

"Harusnya pak Ambardi bisa belajar dari pengalaman saya kemarin," terangnya.

(agg)


Berita Terkait

Baca Juga