Mulai Tahun Depan, Pemko Pekanbaru Bakal Serahkan Pengelolaan Parkir ke BLUD

Mulai Tahun Depan Pemko Pekanbaru Bakal Serahkan Pengelolaan Parkir ke BLUD Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal menyerahkan pengelolaan parkir ke Badan Umum Layanan Daerah (BLUD) di bawah naungan Dinas Perhubungan (Dishub) terhitung tahun 2020 mendatang.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Drs.H.M.Noer MBS,SH,MSi,MH mengatakan, keputusan menyerahkan parkir ke BLUD telah berdasarkan berbagai pertimbangan serta sesuai hasil evaluasi pengelolaan parkir yang tahun ini diserahkan ke pihak ketiga.

"Karena selama ini dikelola pihak lain, sehingga belum termonitor dan tergali secara maksimal. Perkiraan kita potensi 10, tapi kita baru dapat 6 atau 7, kan belum maksimal," ujar M Noer ,  Rabu (6/11/2019).

Jelang penyerahan pengelolaan parkir ke BLUD, M Noer menyebutkan sudah melakukan rapat bersama Dishub guna mempersiapkan berbagai administrasi termasuk payung hukumnya.

"Payung hukum perlu kita siapkan, itu sangat penting. Nantinya, kita wacanakan pungutan tidak berbentuk retribusi lagi, tetapi jasa pelayanan. Tarifnya disesuaikan dengan biaya operasional BLUD," ucap M Noer yang dilansir dari situs resmi pemerintah kota pekanbaru.

Diketahui  BLUD sendiri merupakan salah satu unit kerja yang berada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD/OPD). BLUD dibentuk dengan tujuan memberikan pelayanan maksimal dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

(*/adi)

Berita Terkait

Baca Juga