Selama Operasi Zebra 2019, Satlantas Polres Pessel Layangkan 845 Surat Tilang

Selama Operasi Zebra 2019 Satlantas Polres Pessel Layangkan 845 Surat Tilang Selama Operasi Zebra Langkisau 2019, Satlantas Polres Pessel Layangkan 845 Surat Tilang, Rabu (6/11/2019)(Foto: Indrayen)

Covesia.com - Jajaran Satlantas Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melayangkan surat tilang sebanyak 845 lembar, selama pelaksanaan operasi zebra yang di gelar sejak 23 Oktober sampai 5 November 2019 di wilayah tersebut.

"Sebanyak 845 surat tilang kami layangkan, dengan barang bukti STNK 637, SIM 96, dan Ranmor 112," ungkap Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, S,Ik melalui Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Yuliadi pada wartawan Rabu (6/11/2019).

Ia menambahkan, dimana operasi zebra 2019 mengacu pada Undang - Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ) dalam penindakan kepada pengguna kendaraan yang tidak mematuhi aturan yang telah di atur dari UUD.

"Kita berharap selama pelaksanaan operasi zebra kali ini, bisa memberikan kesadaran pada pengguna kendaraan agar tertib berlalu lintas," ucap Kasat Lantas.

Ia menerangkan, terdapat beberapa pelanggaran yang ditemui selama operasi kali ini. Diantaranya, pengendara melawan arus, tidak menggunakan sabuk pengaman dan kelengkapam surat-surat kendaraan.

"Untuk admistrasi berkendara kita juga menemukan beberapa pelanggaran seperti, tidak taat pajak, tidak membawa surat tanda berkendara (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM)," ujarnya.

Lanjutnya, ia mengimbau kepada seluruh pengendara. Baik pengendara roda dua maupun roda empat, untuk memperhatikan perlengkapan berkendaranya. 

Selain itu, terkhusus untuk orang tua, untuk tidak memberikan dan membiarkan anak-anak dibawah umur untuk berkendara.

"Meskipun pelaksanaan operasi zebra telah usai. Namun, kita akan tetap melakukan kegiatan rutin dan pemeriksaan kepada pengendara yang tidak memtaati aturan berlalulintas," tutupnya.

Kontributor: Indrayen Putra



Berita Terkait

Baca Juga