Tiga Tahun Mati Suri, Pemkot Pariaman Kembali Lakukan Sosialisasi Penguatan Lembaga Terhadap PPID

Tiga Tahun Mati Suri Pemkot Pariaman Kembali Lakukan Sosialisasi Penguatan Lembaga Terhadap PPID Pemkot Pariaman Kembali Lakukan Sosialisasi Penguatan Lembaga Terhadap PPID, Senin (4/11/2019)(Foto: Peri/ covesia)

Covesia.com - Hampir tiga tahun, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pariaman mati suri. Jadi, untuk kembali mengaktifkan layanan itu, Dinas Komunikasi dan Informasi di kota itu, melaksanakan sosialisasi penguatan lembaga PPID kepada OPD di tersebut.

"Hal itu, karena keterbukaan informasi publik ini sangat penting. Karena masyarakat harus mengetahui apa yang kami kerjakan selaku pemerintah yang diamanatkan," sebut Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, pada Senin (4/11/2019).

Lanjut Mardison, sebab keterbukaan informasi publik itu adalah hak seluruh masyarakat. Sebagaimana telah tertuang dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi.

"Ini aturanya sudah jelas, ditambah lagi dengan adanya SK dari Walikota Pariaman. Tapi kenapa sampai PPID itu mati suri di Kota Pariaman," katanya.

Makanya, kata Mardison, kondisi ini menjadi tugas bagi pemerintahan Kota Pariaman untuk kembali membentuk PPID di Kota Tabuik itu. Nanti pihaknya akan mempersiapkan sengala sesauatunya. Mulai dari anggaran hingga Sumber Daya Manusianya yang akan mengelola itu.

"Tidak ada lagi istilahnya PPID mati suri. Tahun depan harus diadakan. Serta tidak ada lagi pejabat yang ada dilingkungan Kota Pariaman yang tidak mengerti teknologi. Sebab bagaimana bisa menyalurkan informasi kalau pejabatnya tidak bisa menggunakan teknologi," sebutnya.

Untuk itu, kata Mardison, pihaknya juga akan mempersiapka SDM di Kota Pariama agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang, dimana teknologi semakin hari semakin berkembang.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Pariaman, Hendri selaku pelaksana mengatakan sosialisasi PPID diikuti oleh 70 orang peserta dari seluruh OPD di Pemkot Pariaman. 

"Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini untuk meningkatkan pelayanan informasi dan dokumentasi Kota Pariaman. Dengan membangun koordinasi yang baik antara PPID pembantu di OPD dan PPID utama pada Diskominfo," sebutnya. 

Kemudian katanya, kegiatan ini juga untuk mengumpulkan data informasi yang ada pada OPD. Sehingga sinergi antar pihak sangat penting untuk meningkatkan kualitas informasi.

Dalam sosialisasi itu kominfo Pariaman menghadirkan pemateri Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informas Kemendagri RI, Handayani Ningrum, dan Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Kontributor: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga