Berkunjung ke Padang, FPK dan Kesbangpol Kabupaten Langkat Puji Keharmonisan Antar Etnis di Sumbar

Berkunjung ke Padang FPK dan Kesbangpol Kabupaten Langkat Puji Keharmonisan Antar Etnis di Sumbar FPK dan Kesbangpol Sumbar, FPK dan Kesbangpol Kab. Langkat Sumatera Utara berfoto bersama di Ruang Sidang Rektorat Lantai 3 Kampus Unes, Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/10/2019) (Ist)

Covesia.com - Rombongan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Kesbangpol Kabupaten Langkat Sumatera Utara bersilaturahmi dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, di Lantai 3 Ruang Sidang Rektorat Universitas Ekasakti, Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/10/2019).

Rombongan yang beranggotakan 22 orang itu, dipimpin Staf Khusus Bupati Langkat Sumatera Utara Sedar Sambiring dan Ketua Umum FPK Kab. Langkat Syahrizal, serta Kepala Kantor Kesbangpol Langkat yang disambut Ketua Umum FPK Sumatera Barat Dr. Otong Rosadi yang saat ini menjabat Rektor UNES.

Pembauran di Ranah Minang Sumbar bukan hal yang asing, masyarakatnya sudah menyatu dan membaur dengan berbagai etnis, dalam FPK Sumatera Barat terdapat 19 Paguyuban / Etnis berbagai suku bangsa dari Sabang sampai Meroke, seperti paguyuban Aceh, Batak, India (Muhamadan), Tiongha, Nias, Minang, Malayu Kepulauan Riau, Melayu Riau, Sunda, Jawa, Mandar, Makasar, Buton dan sebagainya.

"FPK Sumatera Utara dan FPK Kab. Langkat serta Kesbangpolnya telah melakukan kunjungan ke FPK Sumbar dan Kesbangpol Sumbar, tentu ada baiknya FPK dan Kesbangpol Sumbar melakukan kunjungan balasan," ujar Rektor UNES itu.

Sementara itu,  Kepala Badan Kesbangpol Sumatera Barat diwakili Adi Darma merespon kunjungan balasan FPK Sumatera Utara dan FPK Kab. Langkat, direncanakan dana kunjungan itu dimasukan dalam APBD Perubahan tahun 2020," terangnya.  

Selain itu, Staf Khusus Bupati Langkat Sumatera Utara Sedar Sambiring dalam pertemuan tersebut mengungkapkan di Kabupaten Langkat terdapat 65% etnis Jawa, dan 45% lainnya Minang, Batak dan Aceh, Nias dan lain sebagainya. "Kabupaten Langkat terdiri dari pergunungan dan dataran rendah," ujarnya.

"Dalam Silaturahmi dengan FPK Sumatera Barat ini banyak yang bisa kita ambil untruk berbuat dimasa datang, seperti hubungan antara etnis dengan etnis lainnya harmonis, tidak ada konflik dan bersatu dalam menyelesaikan permasalahan," tutupnya.

Kontributor Padang: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga