Kembalikan Budaya Permainan Tradisional, Bukittinggi Gelar Festival Permainan Anak Nagari

Kembalikan Budaya Permainan Tradisional Bukittinggi Gelar Festival Permainan Anak Nagari Kembalikan Budaya Permainan Tradisional, Bukittinggi Gelar Festival Permainan Anak Nagari, Sabtu (19/10/2019)(Foto: Debi/ Covesia)

Covesia.com - Ratusan anak-anak mengikuti sejumlah permainan anak nagari Minangkabau yang dimainkan di lapangan kantin Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (19/10/2019).

Sejumlah permainan itu dikemas dalam festival permainan anak nagari yang digelar hingga Minggu (20/10/2019), dan permainan anak nagari itu yang diikuti pelajar SD, SMP dan tersedia juga untuk masyarakat umum.

"Festival permainan anak nagari ini digelar selama dua hari yang diikuti pelajar dari jenjang SD dan SMP dan juga dapat dinikmati masyarakat umum karena tersedia stand permainan tradisional," ungkap panitia acara sekaligus tokoh masyarakat, Dedi Fatria Dt Mangkuto Sutan, Sabtu (19/10/2019).

Ia menyebutkan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Bukittinggi berkeinginan mengenalkan dan menghidupkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Ramlam Nurmatias menyampaikan festival permainan anak nagari ini diharapkan dapat membantu mengurangi kegemaran anak terhadap gadget/gawai.

"Setelah mengenal dan menikmati permainan anak nagari pada hari ini dan besok, semoga bisa memberi kesan menyenangkan bagi anak-anak sehingga memancing kreativitas anak untuk membuat permainan baru sesuai selera mereka," ujarnya.

Dalam festival anak nagari tersebut terdapat sembilan permainan tradisional yang dimainkan sekaligus dilombakan diantaranya lore, congkak, tarompa sayak, tangkelek panjang, engrang, galah, kampar, patok lele dan gasiang.

Di sisi lapangan juga tersedia aneka jajanan tradisional yang dapat dinikmati sembari menyaksikan permainan tradisional yang dilombakan seperti puak kuah, pensi, tumbang, onde-onde, kacimuih, lamang tapai, lapek, kerupuk sanjai, dan makanan tradisonal lainnya.

(deb/don)


Berita Terkait

Baca Juga