Dinas Perikanan Pessel Evakuasi Hiu Tutul yang Terdampar di Batangkapas

Dinas Perikanan Pessel Evakuasi Hiu Tutul yang Terdampar di Batangkapas Hiu Tutul yang terdampa di Pesisir Selatan, Sabtu (19/10/2019)(Foto: Indrayen/ Covesia)

Covesia.com - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Andi Syafinal mengatakan, pihaknya masih menunggu balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, untuk melakukan kajian penyebab hiu tutul tersebut terdampar.

"Setelah mendapatkan informasi, kita langsung melaporkan kejadian ke pihak balai BPSPL, dan sekarang pihak balai masih dalam perjalanan untuk melakukan kajian dan penyebab Hiu Tutul itu terdampar," kata Kepala Dinas Perikanan Pessel Andi Syafinal di lokasi pada Covesia.com, Sabtu (19/10/2019).

Setelah dilakukan pengajian dengan mengambil sampel DNA Hiu oleh pihak balai. Pihaknya, bakal melakukan evakuasi penguburan di lokasi terdekat tempat kejadian.

"Berkemungkinan hari ini dikuburkan. Untuk evakusi penguburan. Nantinya, akan menggunakan alat berat, dan kita sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU untuk meminjam alat berat milik dinas tersebut," ujar Kadis.

Menurut Kadis, ikan hiu jenis tutul kali ini ukurannya lebih kecil dari yang sebelumnya, juga pernah terjadi di Kecamatan Batangkapas. Dengan ukuran panjang sekitar 6,3 meter dan berat kurang lebih 1 ton.

"Kejadiannya, tidak jauh berbeda dengan yang kemarin, sama-sama terjerat pukat nelayan," ujarnya lagi.

Lanjutnya, saat ini pihaknya tengah menunggu alat berat untuk menguburkan hiu tersebut. 

"Setelah alat berat sampai, ikan hiu akan langsung dikuburkan dibibir pantai sini juga," pungkas Kadis.

Sebelumnya, ikan Hiu jenis Tutul kembali terdampar di pantai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) tepatnya, berada di Pantai Transidano Taluak, Kecamatan Batangkapas, pada Sabtu (19/10/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kontributor: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga