Antisipasi Tersengatan Ubur-ubur, Pemda Agam Pasang Spanduk Imbauan

Antisipasi Tersengatan Uburubur Pemda Agam Pasang Spanduk Imbauan Pemda Agam Pasang Spanduk Himbauan Waspada Ubur-ubur (Foto: BPBD Agam)

Covesia.com-​​​​Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Memasang Spanduk Peringatan untuk tidak melakukan kegiatan di pinggir pantai tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Hal Itu dilakukan seiring dengan banyaknya ubur-ubur Biru jenis "blueBottle" di perairan sekitar.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Agam, M Luthfi AR didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagakan Yunaidi mengatakan, saat ini pihaknya bersama pemerintah kecamatan satpol PP Damkar dan masyarakat sudah memungut ratusan bangkai ubur-ubur yang terdampar di bibir pantai.

"Ubur-ubur ini kita punguti setiap pagi dan sore karena saat pawa waktu itu bangkainya banyak terdampar," ujarnya saat di konfirmasi covesia.com Selasa (8/10/2019).

Menurutnya, meskipun sudah mati jika tersentuh sengatannya tetap berbahaya, racun yang dikeluarkan bisa membuat perih dan panas ditubuh.

Sementara itu Kasi PNM Kecamatan Tanjung Mutiara, Weri Ikhwan menjelaskan, bangkai ubur-ubur terdampar itu pertama kali terlihat oleh masyarakat Kamis (3/10/2019) kemarin. 

"Sampai hari ini setidaknya tercatat sudah ada 10 orang warga yang tersengat ubur-ubur, 3 diantaranya harus mendapatkan perawatan di Puskesmas Tanjung Mutiara," jelasnya.

(han/utr)

Berita Terkait

Baca Juga