Ubur-ubur Bluebottle juga Landa Pantai Pasir Jambak, Tiga Pengunjung Tersengat

Uburubur Bluebottle juga Landa Pantai Pasir Jambak Tiga Pengunjung Tersengat Ubur-ubur bluebottle yang terdampar di Pantai Pariaman, Sabtu (5/11/2019)(Foto: FB Tomi Tanbijo)

Covesia.com - Fenomena ubur-ubur botol (Bluebottle) terdampar juga terjadi di sepanjang kawasan wisata pantai Pasir Jambak, Kota Padang, setelah sebelumnya juga marak terjadi di pantai Pariaman dan Tiku, Agam, Sumatera Barat.

Fenomena terdamparnya ubur-ubur botol yang memilki sengatan cukup berbahaya ini terjadi dalam kurung waktu satu minggu ini, mengakibatkan tiga pengujung pantai di kawasan Pasir Jambak itu di larikan ke puskesmas terdekat.

"Sudah berlangsung selama satu minggu ini, bentuknya unik dan baru pertama kali saya lihat, seperti botol dan berwarna biru," ujar warga setempat, Zailus Ikhlas kepada Covesia.com, Selasa (8/10/2019) di Padang.

"Ubur-ubur ini banyak ditemukan diperairan pantai ini, bahkan terdampar hingga di bibir pantai. Tiga pengujung dilarikan ke puskesmas karena tersengat saat mandi-mandi, itu terjadi pada hari Minggu (6/10) saat pengujung ramai berlibur kesini," terangnya.

Zailus juga mengatakan, fenomena ini juga mengakibatkan para nelayan tidak dapat melaut karena laut dipenuhi ubur-ubur sehingga tidak dapat untuk menangkap ikan.

"Sudah seminggu ini, nelayan dikawasan ini tidak melaut, selain takut terkena sengatan, mereka juga tidak dapat membentangkan alat tangkapan ikan karena laut dipenuhi ubur-ubur," sebutnya.

Sebelumnya pada Kamis (3/10) dua nelayan di Pariaman dilarikan ke rumah sakit tersangat ubur-ubur bluebottle, kedua juga mendapatkan perawatan insentif.

Baca juga: Saat Melaut, Dua Orang Nelayan di Pariaman Tersengat Ubur-ubur Bluebottle

(dnq)

Baca juga: Jangan Panik, ini Langkah yang Tepat Dilakukan Bila Tersengat Ubur-ubur

Berita Terkait

Baca Juga