Tak Disangka, Ternyata Ubur-ubur Memiliki 5 Keistimewaan

Tak Disangka Ternyata Uburubur Memiliki 5 Keistimewaan Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Akhir-akhir ini masyarakat yang tinggal di kawasan pantai Pariaman dan pantai Tiku, Kabupaten Agam dihebohkan dengan temuan ubur-ubur di bibir pantai. Bahkan ada yang terkena sengatan dari ubur-ubur tersebut. Berikut covesia.com rangkum dari berbagai sumber keistimewaan hewan unik tersebut.

Ahli bertahan hidup

Ubur-bur merupakan binatang laut paling banyak, berdasarkan penelitian terdapat 38 juta ton Ubur-ubur di kawasan epipelagik (0-200) meter. Tubuhnya yang berbentuk gelatin mampu berevolusi tiga kali secara independen dan telah ada setidaknya 500 tahun. Bahkan ia dapat bertahan melewati 5 peristiwa kepunahan masal di bumi yang memusnahkan 99% kehidupan.

Kekuatan super

Ubur-ubur sisir misalnya, memiliki bio-luminesasi yang membuat badanya bercahaya. Merekapun bisa menghasilkan cahaya sendiri dengan membentuk simbiosis ganggang fotosintetik. Tak hanya itu adapula ubur-ubur yang menghasilkan anak dalam jumlah besar, yakninya 400.000 bayi sekaligus. Bahkan yang paling mencengangkan mereka mampu membalikkan perkembangan mereka kembali menjadi anakan Ubur-ubur.

Meregenerasi sel tubuh sendiri dan tidak menua

Ubur-ubur mampu meregenerasi tubuhnya secara terus menerus. Fakta ini diketahui setelah ahli menemukan ledakan populasi, ubur-ubur tidak menua secara biologis. Ia melakukan peremajaan kembali atas sel-sel tubuhnya. Bahkan ia mampu melakukan pembentukan polip kembali.

Memiliki kemampuan untuk mendeteksi

Ubur-ubur bisa merasakan kondisi laut terkini, termasuk arus laut dan berenang melawan arus tersebut. Dengan cara itulah ia mempertahankan formasi kumpulan (bloom) yang  mirip hamparan bunga. Ubur-ubur ini dapat mendeteksi mangsanya karena memiliki ribuan Nematocytes yang terletak di tentakel, lengan, dan mulutnya. Nematocytes terdiri dari kapsul yang menyimpan gulungan duri berongga, kantung vemon dan rambut pemicu sensitive kemo. Biasanya mereka akan melumpuhkan mangsa dengan racun yang ia miliki.

Ubur-ubur merupakan makhluk purba

Ubur-ubur telah ada di lautan sekitar 650 juta tahun yang lalu. Bahkan ia ada sebelum manusia ataupun dinosaurus.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga