Penampakan Ubur-ubur Biru di Pantai Tiku, Pemda Agam Siagakan Personel di Lokasi

Penampakan Uburubur Biru di Pantai Tiku Pemda Agam Siagakan Personel di Lokasi Tampak Ubur-ubur biru (Bluebottle) yang terdampar di kawasan pantai Tiku-Agam, Senin (7/10/2019). (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Tanggapi laporan masyarakat tentang kemunculan ubur-ubur biru jenis "Bluebottle" di perairan dan Pantai Tiku, petugas dari Kecamatan Tanjung Mutiara, Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) langsung meninjau ke lokasi.

Kasat Pol PP Damkar Agam, Kurniawan Syahputra mengatakan saat ini bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kecamatan Tanjung Mutiara sedang melakukan penyisiran sambil mengumpulkan informasi dari masyarakat dan pedagang yang berjualan di sekitar pinggir pantai.

"Dari hasil penyisiran, kita menemukan beberapa bangkai ubur-ubur terdampar di bibir pantai, kemudian kita kumpulkan agar tidak tersentuh oleh masyarakat atau pengunjung," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Senin (7/10/2019).

Dilanjutkan Kurniawan Syahputra, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya akan menyiagakan bebepa petugas di sekitar lokasi sembari mengimbau pengunjung agar berhati-hati dan tidak melakukan aktifitas di laut dan bibir pantai. "Kita juga menyediakan nomor kontak yang bisa dihubungi jika ada masyarakat yang tersengat ubur-ubur," terangnya.

Sebelumya diberitakan, seorang nelayan dan pengunjung objek wisata tersengat ubur-ubur biru di sekitar lokasi, kondisi yang cukup kritis membuatnya harus dilarikan ke Puskesmas Tiku Selatan dan kemudian dirujuk ke RSUD Lubuk Basung untuk mendapatakan perawatan lebih lanjut.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga