Tanggulangi Musibah Kebakaran, KSB Duo Koto-Agam Ciptakan Alat Pemadam Mini

Tanggulangi Musibah Kebakaran KSB Duo KotoAgam Ciptakan Alat Pemadam Mini KSB II Koto Sedang Uji Coba Alat Pemadam Mini

Covesia.com - Penanggulangan pertama musibah kebakaran, Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupatan Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)  ciptakan alat pemadam kebakaran praktis.

Walinagari II Koto, Joni Safri mengatakan, ide membuat alat pemadam kebakaran mini itu bercermin dari beberapa musibah yang melanda nagari setempat. Ditambah lagi adanya kawasan padat pemukiman serta masih banyak bangunan semi permanen.

"Untuk kawasan pemukiman padat jalannya kecil jadi sulit dijangkau mobil damkar sehingga kita butuh alat pemadam  yang praktis sambil menunggu bantuan dari Damkar," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Minggu (6/10/2019).

Selain itu jarak Posko Damkar Agam terbilang jauh yaitunya di sungai Tanang dan Kecamatan Lubuk Basung. Jika terjadi kebakaran membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit menuju lokasi. "Seandainya yang terbakar itu rumah semi permanen tentunya sudah hangus dilalap api dan menjalar ke bangunan lain," jelasnya.

Dijelaskan Joni Safri, Pemadam kebakaran mini tersebut dibuat dari pompa air berkekuatan tinggi dan mampu menghasilkan tekanan air yang cukup kuat. Ditambah lagi mesin tersebut menggunakan selang praktis dengan panjang 1000 meter.

"Alat ini mudah di angkat, saat kebakaran langsung ditaruh disumber air dan selang plastik berumuran cukup panjang bisa langsung menjangkau lokasi kebakaran," terangnya.

(han/don)



Berita Terkait

Baca Juga