Kepala SDN 11 Lubuk Buaya Ungkap Alasan Pelarangan Berdagang di Sekitaran Sekolah

Kepala SDN 11 Lubuk Buaya Ungkap Alasan Pelarangan Berdagang di Sekitaran Sekolah SDN 11 Lubuk Buaya, Kota Padang ( Foto: Laila)

Covesia.com - Kepala Sekolah SDN 11 Lubuk Buaya, Syahril mengungkapkan alasan pelarangan berdagang di sekitaran sekolah yang dipimpinnya. Pelarangan tersebut tak lain hanya demi kenyamanan dan keselamatan anak-anak.

“Sekolah ini berdiri sangat dekat dengan jalan raya, makanya tidak baik bila ada yang berjualan di depan sekolah,” ungkapnya saat mediasi di ruang kepala sekolah SDN 11 Lubuk Buaya Padang, Sabtu (5/10/2019).

Lebih lanjut ia beralasan selain jalan raya juga ada simpang sebelum sekolah. “Kondisi sekolah yang ramai lalu lalang inilah penyebabnya. Bukankah keselamatan anak-anak adalah hal yang utama,” ungkapnya.

Syahril juga menuturkan bahwa SDN 11 Lubuk Buaya adalah sekolah rujukan.

Ia mengonfirmasi bahwa bukan tidak mau bertemu pedagang, namun karena jadwal yang padat dan beberapa kesibukan lainnya. “Makanya saya tidak pernah bisa bertemu dengan pedagang membicarakan permasalahan ini, suratnya juga sudah jelas,” terangnya.

Selain itu, mengenai pagar yang sampai ke trotoar ia akan segera membukanya. “Jika memang mengganggu pejalan kaki, kami akan buka pagarnya,” tuturnya.

Syahril pun mempersilahkan pedagang kecil untuk berdagang. “Namun selama anak-anak masih berpakaian sekolah, mereka masih tanggungjawab kami,” ungkapnya.

Setelah mediasi dengan pengacara pihak sekolah akan rapat kembali dengan yang menandatangani surat pelarangan.

Sesaat ketika diminta waktu untuk wawancara mengenai pencabutan pelarangan anak-anak untuk berbelanja kepada pedagang, pihak sekolah tidak mengeluarkan statement apapun. “Kami tidak bersedia diwawancara,” ujarnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga