Dikira Padam, Ternyata Api Masih Menyala di Ladang Warga Desa Matobe Mentawai

Dikira Padam Ternyata Api Masih Menyala di Ladang Warga Desa Matobe Mentawai Sumber: istimewa

Covesia. com - Kebakaran hutan sempat meresahkan warga di dusun Takmonga desa Matobe kecamatan Sikakap beberapa waktu lalu. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai Novriadi membenarkan informasi tersebut saat dikonfirmasi melalui seluler. 

"Ada warga  di sana yang membuka lahan pertaniannya. Awalnya bisa ditangani, dengan membakar sedikit-sedikit. Warga tidak menyangka api ternyata belum padam dan membesar," ujar Novriadi, Senin (23/9/2019). 

Ia menerangkan berdasarkan keterangan dari Kepala desa Matobe Silvanus melalui anggota Kodim 0319 Mentawai, kebakaran terjadi akibat ulah seorang warga yang membakar kayu bekas penebangan di sawah pada Jumat (20/9) lalu. 

Kayu pembakaran tersebut katanya sudah disiram dengan air oleh warga dan langsung pulang ke rumah masing-masing. Kemudian pada Minggu (22/09) pukul 12.20 WIB diketahui api tersebut ternyata masih menyala dan membesar akibat angin yang sangat kencang berhembus dari arah selatan. Sedikitnya 4 hektare lahan penduduk setempat dilalap sijago merah.

Selanjutnya, pada pukul 14.05 WIB tim pemadam kebakaran langsung bergerak ke lokasi kebakaran bersama warga beramai-ramai memadamkan api. Adapun tim yang turut membantu yakni anggota Koramil Sikakap, Kamla Sikakap, anggota Polsek Sikakap, dan Kades Matobe. 

Bersama warga beramai-ramai menyiram lokasi kebakaran dengan menggunakan ember dari sungai dan tiga kali trip semburan air tangki. Sekira pukul 16.30 WIB api berhasil dipadamkan. 

Tidak ada korban jiwa dan kerugian materi yang dialami warga dalam peristiwa itu. 

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga