Tolak RKUHP hingga RUU KPK, Sejumlah Mahasiswa Lakukan Unras di DPRD Sumbar

Tolak RKUHP hingga RUU KPK Sejumlah Mahasiswa Lakukan Unras di DPRD Sumbar Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa di gedung DPRD Sumbar, Senin (23/9/2019)(Foto: Covesia/ M.Iqbal)

Covesia.com - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se- Sumatera Barat (Sumbar) melakukan aksi unjuk rasa ke pemerintah terkait penolakan rancangan RKUHP dan RUU KPK di Gedung DPRD Sumbar, Senin (23/9/2019). 

Koordinator Pusat Aliansi BEM Sumbar, Randi mengatakan, permasalahan utama adalah ketidakjelasan regulasi dalam pelaksanaan di lapangan. Ia juga mengatakan adanya pasal-pasal yang tidak pantas.

"Ada 10 ragam pasal di RKUHP yang tidak pas rasanya, seperti memperkosa istri sendiri dipidana, mengkritisi hakim dan presiden juga ikut dipidana. Ini yang sebenarnya tidak pantas," papar Randi.

Ia pun berharap, agar tuntutan para mahasiswa didengar oleh pemerintah daerah dan disampaikan langsung ke pemerintah pusat. "Kami ingin yang di daerah ini menyuarakan ke pusat nantinya," harapnya.

Berdasarkan pantauan Covesia.com, awalnya para demonstran berkumpul di tugu Adipura Padang pada pukul 10.00 WIB untuk menyampaikan orasi sebelum bertolak ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar.

Kontributor: M.Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga