Peringati Hari Tani Nasional, Aliansi Pembela HAM Sumbar Gelar Diskusi Interaktif

Peringati Hari Tani Nasional Aliansi Pembela HAM Sumbar Gelar Diskusi Interaktif Foto: Laila Marni/covesia

Covesia.com - Hari Tani Nasional diperingati setiap tahunnya pada 24 September. Aliansi Pembela HAM Sumbar menggelar rangakaian acara semenjak 22  hingga 24 September mendatang.

Hari pertama digelar kampanye dalam bentuk penjualan produk petani, pembagian stiker dan pamflet, pembuatan mural, gambar, foto booth, pentas seni dan orasi yang berlangsung di Arena Taman Catur GOR Agus Salim, Padang.

Hari ini, Senin (24/9/2019) dilangsungkan diskusi interaktif dengan berbagai narasumber yakninya dari Serikat Petani Indonesia, WALHI, LBH Padang dan Yayasan Citra Mentawai.

Rustam Efendi, Ketua Serikat Petani Indonesia mengatakan bahwa sampai saat ini petani masih dipandang sebelah mata. "Contoh kecilnya, jika petani mengurus surat di kantor selalu ada alasan untuk melambatkan pengurusan tersebut, namun bila yang mengurus surat adalah orang pemerintahan bisa selesai dalam waktu 5 menit," ungkapnya saat menyampaikan materi diskusi interaktif, Senin (23/9/2019).

Ia berharap, hak petani hendaknya disamakan dengan manusia lainnya. "Mirisnya, bahkan petani tidak sadar bahwa hari tani nasional ada. Ketidak tauan tersebut adalah bukti ketidakpedulian terhadap petani," jelasnya.

Sementara besok, 24 September adalah kegiatan terakhir berupa serangkaian aksi petani di beberapa wilayah, yakninya Pasaman Barat, Gunung Talang dan sebagainya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga