Sekarang di Kota Pariaman Sampah Menjadi Tabungan Uang Bagi Masyarakat

Sekarang di Kota Pariaman Sampah Menjadi Tabungan Uang Bagi Masyarakat Launching Bank Sampah di Pariaman, Sabtu (21/9/2019)(Foto: humas)

Covesia.com - Untuk mengolah banyaknya sampah, Desa Balai Kurai Taji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, melaunching Bank Sampah dengan nama Bank Sampah Balai Mandiri.

"Kami berharap dengan adanya Bank Sampah Balai Mandiri ini, agar bisa mengelola sampah yang ada di kawasan Desa Balai Kurai Taji nantinya," sebut Kabid Pengendalian Pencemaran dan kerusakan Lingkungan Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Satri Yarlina, pada Sabtu (21/9/2019)

Lanjut Satri, soalnya di desa itu terdapat sebuah pasar tradisional yakni Balai Kurai Taji. Makanya untuk mengelola sampah pasar itu, melalui BUMDes Balai Mandiri ingin membuat Bank Sampah.

"Dengan adanya Bank Sampah ini, agar bisa mengurai permasalahan sampah di sana. Sehingga membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA," ucap Satri.

Selain itu Satri berharap, dengan adanya program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan dapat dicontoh oleh desa-desa lain.

Kemudian, kebiasaan masyarakat yang dulu membuang sampah, dengan adanya Bank Sampah ini, akan berubah menjadi rebutan sampah. Sebab, nantinya sampah bisa menjadi tabungan uang bagi masyarakat jika disetorkan di bank sampah.

"Jadi nanti sampah ini bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat bagi masyarakat. Kami berharap program ini terus berkembang dan berkelanjutan, sehingga masyarakat benar-benar merasakan dampaknya," kata Satri.

Kontributor: Peri Musliadi


Berita Terkait

Baca Juga