Pemkab Padang Pariaman Usahakan Secepatnya Berikan Bantuan Hendtraktor Kepada Petani

Pemkab Padang Pariaman Usahakan Secepatnya Berikan Bantuan Hendtraktor Kepada Petani Penyerahan 30 alsintan hendtraktor di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman (Ist)

Covesia.com - Ada sekitar 400 kelompok tani di Padang Pariaman, belum mendapatkan alat mesin pertanian (alsintan) hendtraktor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, mengupaya untuk mereka ini akan diberikan pada tahun selanjutnya.

"Untuk kelompok tani yang belum dapat ini, kami akan upayakan, paling lambat tahun 2020 mendatang. Untuk anggarannya, kalau tidak bisa dengan Anggaran Belanja Pemerintah Daerah (ABPD). Maka kami akan mengupayakan untuk meloby ke pusat," sebut Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, Kamis (19/9/2019), saat menyerahkan 30 alsintan hendtraktor di halaman kantor Dinas Pertanian di kabupaten tersebut.

Lanjut Ali Mukhni, berdasarkan data dari Dinas Pertanian Padang Pariaman, ada 1.200 kelompok tani yang ada di kabupaten tersebut. Hingga saat ini baru 800 hentraktor yang diserahkan kepada kelompok tani.

"Jadi kami akan usahakan semua kelompok tani memilikinya. Sebab kalau semua kelompok tani sudah memiliki alsintan hendtraktor ini. Kedepan akan bisa mempermudah para petani, dengan demikian petani kita bisa melakukan panen padi 5 kali dalam dua tahun," ungkap Ali Mukhni.

Ali Mukhni menyebutkan, 30 alsintan hendtraktor yang diserahkan ini dana dari APBD Padang Pariaman, melalui dana aspirasi Anggota DPRD di kabupaten terssbut, yaitu Januar Bakhri.

Kemudian kata Ali Mukhni, kepada kelompok tani yang telah menerima alsintan. Diharapkan untuk bisa menjaga dan merawatnya. Tujuannya agar mesin itu bisa bertahan lama dan memberikan manfaat kepada petani di Padang Pariaman.

"Saya harap agar bisa dijaga alat ini, seperti sering cek oli sehingga mesin itu bisa tahan lama," ujarnya.

Kontributor Padang Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga