Pengacara: Seharusnya Pihak Sekolah Tidak Boleh Menghalangi Pedagang Berjualan

Pengacara Seharusnya Pihak Sekolah Tidak Boleh Menghalangi Pedagang Berjualan Ilustrasi, Kondisi pintu masuk SDN 11 Padang, Sumatera Barat sejak diberlakukan larangan berjualan di kawasan tersebut (Ist)

Covesia.com - Terkait pelarangan berdagang yang diberlakukan SDN 11 Lubuk Buaya Pengacara ASPEKK, Zulkifli menilai pihak sekolah tak berhak menghalangi. Hal tersebut dikarenakan Pedagang berjualan bukan di dalam perkarangan sekolah, melainkan di luar pagar sekolah.

“Mereka berdagang tidak menggunakan bahan yang membahayakan seperti boraks atau formalin, apa alasan untuk melarang,” ungkapnya kepada Covesia saat dihubungi, Jumat (20/9/2019). 

Zul mengatakan bahwa selayaknya pihak sekolah tidak langsung mengeluarkan surat pelarangan berdagang.

 “Sebaiknya ada koordinasi dari pihak sekolah ataupun diskusi dengan pedagang  dahulu untuk mencari penyelesaian,” jelasnya.

Lebih lanjut Zul mengatakan pedagang telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pihak sekolah dengan menemui kepala sekolah. “Namun kepala sekolah selalu mengalasankan sibuk,” ujarnya.

“Akhirnya, Asosiasi pedagang kecil dan keliling menunjuk saya untuk melakukan langkah hukum untuk berkoordinasi dengan camat, pihak sekolah dan yang bersangkutan” terangnya.

Zul berharap permasalahan ini bisa selesai dengan cara musyawarah dan mediasi. “Namun jika tidak, kami akan tempuh jalur lain yaitu upaya hukum dengan menggugat pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah,” jelasnya.

Kontributor Padang: Laila Marni

Baca juga: Terkait Larangan Berdagang di SDN 11 Lubuk Buaya, ASPEKK Minta Bantuan Pengacara

Berita Terkait

Baca Juga