Forikan Kota Pariaman Mengajak Semua Masyarakat untuk Gemar Makan Ikan

Forikan Kota Pariaman Mengajak Semua Masyarakat untuk Gemar Makan Ikan Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Forum Peningkatan Konsumen Ikan Nasional (Forikan) Kota Pariaman, mengajak semua masyarakat di kota tersebut, agar anak - anak mereka untuk gemar memakan ikan.

Ketua Forikan Kota Pariaman, Lucy Genius mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk mengajak masyarakat membiasakan anak - anaknya suka memakan ikan. Karena, ikan itu banyak mengandung protein, selain itu juga sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak, apalagi bagi anak-anak yang baru menginjak usia TK.

"Dalam sosialisasi, kami mengunjungi beberapa Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kota Pariaman. Seperti, TK Aisyiah Bustanul Adhfal (ABA) Desa Apar dan TK Harapan Bangsa Desa Sikapak Barat," sebut Lucy, pada Selasa (17/9/2019).

Lanjut Lucy, dalam sosialisasi tersebut, pihaknya juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), serta Dinas Kesehatan Kota Pariaman, beserta jajarnya.

Lucy menyebutkan, sosialisasi ini guna mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). Dalam hal itu, sosialisasinya bukan hanya untuk anak - anak, tetapi untuk yang sudah dewasa.

"Sebab daerah Kota Pariaman berafa di pesisir pantai. Namun tingkat konsumsi makan ikan di sini, masih sangat rendah dibandingkan daerah lainya," ucap Lucy.

Disebutkan Lucy, saat ini, banyak orangtua yang hanya menyediakan makanan yang instan atau cepat saji saja. Tapi mereka tidak memikirkan kualitas asupan gizi dan kesehatan makanan tersebut.

"Kadang sebagian masyarakat juga, ada yang hanya memasak telor saja untuk keluarga dan anaknya. Mungkin hal itu karena gampang untuk membuatnya, kemudian memakannya juga tidak perlu takut ada durinya," kata istri Walikota Pariaman tersebut.

Dikatakan Lucy, seharusnya masyarakat ini bisa mengerti dalam mengolah ikan - ikan ini agar memiliki daya tarik untuk disukai dan dimakan. Seperti diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan beragam.

"Bisa dibuat bakso dari daging ikan, sop ikan, mpek-mpek, tekwan, dan olahan makanan lainya," ujar Lucy.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi


Berita Terkait

Baca Juga