Walikota Pariaman Imbau Warga Agar Selalu Waspada Dampak Kabut Asap

Walikota Pariaman Imbau Warga Agar Selalu Waspada Dampak Kabut Asap Walikota Pariaman, Genius Umar (Foto: Peri Musliadi/Covesia)

Covesia.com - Terkait adanya peningkatan kabut asap di kawasan Kota Pariaman, karena kebakaran hutan disebagian wilayah di Pulau Sumatera, Walikota Pariaman menghimbau agar masyarakat selalu waspada.

Walikota Pariaman, Genius Umar menyebutkan, kewaspadaan itu untuk menghindari dari penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang ditimbulkan oleh kabut asap tersebut.

"Dengan kondisi saat ini, kepada masyarakat kami menghimbau, untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau ruangan. Hal itu guna mengurangi dampak kabut asap ini," ucap Genius Jumat (13/9/2019).

Lanjut Genius, kalau seadainya beraktifitas di luar, gunakanlah masker dan kacamata, untuk melindungi kesehatan dari kabut asap ini. 

"Kemudian diminta kepada masyarakat untuk saat ini agar tidak membakar jerami dan hal lainnya yang dapat menimbulkan asap. Karena itu akan memperparah kondisi udara di Kota Pariaman," kata Genius.

Disebutkan Genius, yang terpenting harus menjaga dan meningkatkan kesehatan. Seperti minum air yang cukup, kemudian jangan lupa untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Nanti bila ada yang mengalami sesak nafas segera cek ke puskesmas terdekat atau pelayanan kesehatan terdekat," sebutnya.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga