Kabut Asap Kiriman Mulai Pekat, 12 Ribu Masker Dibagikan ke Pengguna Jalan di Padang

Kabut Asap Kiriman Mulai Pekat 12 Ribu Masker Dibagikan ke Pengguna Jalan di Padang Wakil Gubernur Sumbar memberikan masker ke pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman, Padang. Foto: istimewa

Covesia.com - Kualitas udara semakin memburuk akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa hari terakhir. Pemprov Sumatera Barat membagikan 12 ribu masker kepada pengguna jalan raya dan masyarakat di Padang.

"Ada 12 ribu masker yang dibagikan ke pengguna jalan dan masyarakat, hal itu karena kualitas udara di Sumbar mulai tidak sehat," ujar Siti Aisyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar usai membagikan masker ke pengguna jalan, Jumat (13/9/2019). 

Menurut Siti, kualitas udara Sumbar berada pada PM 10, itu artinya sudah masuk dalam kategori sedang dan tidak sehat. "Kondisi udara di Sumbar sekarang lagi tidak sehat," ucapnya.

Ia melanjutkan, daerah yang memiliki dampak besar ada di kawasan perbatasan dan wilayah yang menjadi tempat kebakaran hutan. 

"Secara keseluruhan, kualitas udara di Sumbar mulai tak sehat, stasiun parameter udara ada di Padang, biasanya patokan kualitas udara di Sumbar itu di Padang," paparnya.

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga