Uji Kualitas Udara, DLH Agam Ambil Sampel di Wilayah Agam Barat

Uji Kualitas Udara DLH Agam Ambil Sampel di Wilayah Agam Barat Uji Kualitas Udara, DLH Agam Ambil Sampel di Wilayah Agam Barat, Jumat (13/9/2019)(Foto: Handoyo/Covesia)

Covesia.com - Menguji kualitas udara, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengambil sampel udara ambien (udara bebas di permukaan bumi). 

Kepala DLH Agam, Hamdi didampingi Kabid Pengawasan dan Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup, Meilinda mengatakan,  pengambilan udara Ambien tersebut untuk diuji apakah masih tergolong sehat atau tidak.

Pengambilan sampel oleh DLH dilakukan di wilayah Agam bagian barat yang meliputi  Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Matur.

"Untuk wilayah Agam bagian timur meliputi Kecamatan Baso, Canduang, Palupuh, Kamang Magek, Banuhampu dan lainnya telah dilakukan oleh Global Atmosphere Watch (GAW) Koto Tabang, Kecamatan Palupuh," ujarnya saat mengambil sampel di kawasan kantor Bupati Agam, Jumat (13/9/2019).

Dijelaskannya, pengambilan sampel udara itu menggunakan dua alat yakni, high volume air sampler untuk pengukuran parameter Total Suspended Particulate (TSP), Partikel kurang 10 melimeter (PM 10) dan PM.2.5.

Selain itu juga menggunakan Air Impinger Sampler untuk pengukuran parameter sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2). "Hasil pengambilan ini nantinya akan keluar setelah 3 jam dari waktu pengambilan," lanjutnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga