Kabut Asap Selimuti Bukittinggi, Pemko Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Kabut Asap Selimuti Bukittinggi Pemko Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah Peduli terhadap pencemaran kabut asap, Sejumlah pihak bagi-bagi masker di jalan Sudirman Bukittinggi, Jumat (13/9/2019)(Foto: Debi/ Covesia)

Covesia.com - Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera berdampak pada pencemaran kualitas udara di wilayah Sumatera Barat. Dalam dua hari terakhir kabut asap mulai tampak menyelimuti sejumlah kota di Sumbar termasuk kota Bukittinggi yang mendapat kiriman kabut asap.

Menindaki hal demikian, Pemerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Pihaknya juga membagikan masker secara gratis kepada masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di luar rumah, sekolah dan di jalanan.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Jumat (13/9/2019) menyampaikan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan gunakan masker ketika hendak beraktivitas di luar rumah, serta tetap menjaga kesehatan tubuh jika berada di luar rumah.

"Kita minta kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas yang berlebihan diluar rumah seperti melakukan olahraga dan lain sebagainya, karena akibat kabut asap akan dapat merusak kesehatan, seperti terimbas sesak nafas atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), dan penyakit lainnya," jelasnya.

Ramlan juga mengimbau kepada masyarakat agar banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi dan tetap menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

"Diimbau juga untuk tidak melakukan pembakaran sampah karena dapat menambah kabut asap," imbaunya.

(deb/don)


Berita Terkait

Baca Juga