Kabut Asap Mulai Selimuti Bukittinggi, Polisi Imbau Pengendara Hidupkan Lampu Kendaraan

Kabut Asap Mulai Selimuti Bukittinggi Polisi Imbau Pengendara Hidupkan Lampu Kendaraan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat diselimuti asap kiriman dari Provinsi Riau (Foto: Debi Kurnia/Covesia)

Covesia.com - Dampak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera, berakibat pada kabut asap yang mulai menyelimuti wilayah kota Bukittinggi dan sekitarnya.

Meski demikian pihak kepolisian resort kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau kepada pengendara roda dua maupun roda empat untuk menghidupkan lampu kendaraan disaat berkendara.

"kabut asap mulai tampak menyelimuti kota Bukittinggi dan sekitarnya, maka kita mengimbau pengendara untuk menghidupkan lampu kendaraan saat melakukan perjalanan," imbau Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kompol Patahian Pane, Kamis (12/9/2019).

Ia menerangkan itu bertujuan agar pengendara mengetahui jarak pandang saat berkendara terutama disiang hari sekaligus meminimalisir angka kecelakaan.

Disamping itu pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar dalam bentuk apapun baik itu sampah maupun jerami karena ini berdampak pada kualitas udara yang dihirup apalagi kabut asap kiriman yang sudah terlihat.

"Jangan juga membuang puntung rokok ke tempat yang mudah terbakar karena bisa berakibat fatal," serunya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat baik pengendara maupun pengguna jalan untuk menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga