Kurangi Polusi Udara, Satpol PP Agam Imbau Warga untuk Tidak Membakar Sampah dan Jerami

Kurangi Polusi Udara Satpol PP Agam Imbau Warga untuk Tidak Membakar Sampah dan Jerami Ilustrasi (Doc.Covesia)

Covesia.com - Kurangi Polusi Udara, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas pembakaran sampah, rumpun pembukaan lahan maupun jerami dari hasil panen di sawah.

Kasat Pol PP Damkar Agam, Kurniawan Syahputra mengatakan, informasi dari BMKG Sumbar saat ini kwalitas udara sebagian kabupaten Agam mulai menurun seiring dengan meluasnya asap dari lahan terbakar di Provinsi Riau yang mulai merambat menuju Barat.

"Untuk mengantisipasi semakin memburuknya kualitas udara kita mengimbau warga untuk tidak melakukan aktifitas pembakaran di sawah maupun dikebun," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Kamis (12/9/2019).

Pihaknya juga telah menyebarluaskan informasi bahaya kebakaran kepada masyarakat dengan cara memberikan penyuluhan dan penempelan spanduk atau baliho antisipasi kebakaran. "Apabila ada kebakaran hubungi Posko Damkar dengan nomor telepon 0752 66113, 0752 7444236 dan frekuensi radio 151.130 M.hz," katanya

Diterangkannya tahun 2019 ini sudah terjadi 16 kasus kebakaran lahan di kabupaten Agam dengan luas mencapai 25 hektare. "25 hektare lahan itu tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Baso, Palupuh dan lainnya," Terangnya.

(han/nod)


Berita Terkait

Baca Juga