Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di Sigantang-Pasaman Barat

Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di SigantangPasaman Barat Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di Sigantang-Pasaman Barat, Kamis (12/9/2019)(Foto: BKSDA)

Covesia.com - Sebuah Bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna di Jorong Sigantang, Nagari Persiapan Batahan Utara, Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Pasaman, Ade Putra kepada Covesia.com, mengatakan bunga tersebut diketahui usai pihaknya melaksanakan patroli pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar di wilayah tersebut.

"Bunga langka dan dilindugi tersebut diketahui mekar sempurna dengan diameter 40 cm sebanyak satu buah. Disekitarnya juga ditemukan 15 individu yang sudah melewati fase mekar," kata Ade Putra, Kamis (12/9/2019).

Ade Putra juga mengatakan lebih dari 5 individu berupa knop/bongkol lainnya yang belum mekar di sekitar tersebut. "Populasi Bunga Raflesia itu, berada sekitar 600 meter dari pemukiman warga. Kami juga sudah melakukan pemasangan pengamanan dan meminta warga untuk tidak beraktifitas dilingkungan tersebut. Agar kelestariannya tetap terjaga dan terlindungi," tambahnya.

Ade Putra mengatakan bunga dengan ciri khas kelopak berjumlah lima dengan bintik-bintik putih dan berwarna merah serta memiliki bonggol yang menyerupai tabung dengan bau yabg khas tersebut sebelumnya ditemukan oleh masyarakat bersama BKSDA pada bulan Maret 2019 lalu.

(eri/don)



Berita Terkait

Baca Juga