Kabut Asap Tebal Selimuti Kota Pekanbaru Hari Ini, Kualitas Udara Tidak Sehat

Kabut Asap Tebal Selimuti Kota Pekanbaru Hari Ini Kualitas Udara Tidak Sehat Kabut asap akibat Karhutla tampak pekat di depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Kamis (12/9/2019) (Foto:covesia.com )

Covesia.com - Kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) semakin pekat menyelimuti wilayah Kota Pekanbaru, Riau hari ini, Kamis (12/9/2019).

Sejak pagi hingga menjelang sore hari, jerebu terlihat pekat dan membatasi jarak pandang. Dari pengamatan covesia.com melalui Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang terpasang di depan Kantor Wali Kota, kualitas udara di Kota Pekanbaru hari ini dinyatakan tidak sehat dengan indek 100-200.

Sementara itu, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Ggeofisika (BMKG) menunjukan bahwa titik panas atau hostpot yang terpantau di wilayah Riau hari ini mencapai 279 dengan level konfidence di bawah 50 persen.

Titik panas tersebut menyebar di beberapa wilayah  Kabupaten/Kota yakni: Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pelalawan, Rokan Hilir (Rohil), Indragiri Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing), Kampar, Rokan Hulu (Rohul), dan Bengkalis.

Untuk wilayah Sumatera secara keseluruhan hari ini mengalami peningkatan dengan jumlah yang terpantau sebanyak 1.316 titik panas (hotspot). Dengan perincian, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebanyak 437 titik,  Jambi 420 titik, dan Riau 279 titik panas.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga