TdS Makin Dekat, Pengerjaan Jalan Terban di Mandeh Belum Rampung

TdS Makin Dekat Pengerjaan Jalan Terban di Mandeh Belum Rampung Foto, Jalan terban di Sungai Nyalo Kawasan Mandeh, Pessel. (Indrayen)

Covesia.com - Pengerjaan jalan terban di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, tepatnya, di Kampung Sungai Nyalo, hingga kini masih belum tuntas. 

Padahal jalan tersebut menjadi salah satu perlintasan yang akan di tempuh Tour de Singkarak (TdS) direncanakan akan berlangsung pada 2-10 November terbagi sembilan etape dengan grand star di Kota Pariaman dan grand finish di Kota Padang.

Pantauan Covesia.com dilapangan, saat ini kondisi jalan yang terban tengah di perbaiki. Namun kondisi jalan hanya bisa dilewati dibagian bahu jalan, dan kondisi itu, hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan secara bergantian ketika berlawanan arah.

Petugas Lapangan Kontraktor Toni menyebutkan, pengerjaan jalan tersebut ditargetkan selesai hingga Desember, dan target tersebut melewati jadwal TDS yang akan digelar November.

"Kalender kontrak kita pengerjaan ini selesai Desember, dalam waktu 160 hari kelender,"sebutnya pada Covesia.con Rabu (11/9/2019)

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebutkan perbaikan jembatan dan jalan di jalur kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh akan siap jelang November atau sebelum Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Sementara, Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pesisir Selatan, Digdian Budiman mengungkapkan, khusus penanganan jalur tersebut akan dituntaskan melalui Balai Jalan Nasional Kementerian PU-PR.

"Itu dari hasil survei kemarin (sebelumnya) bersama Badan Jalan Nasional berseta panitia (TdS). Balai sudah bertanggungjawab," ungkap Digdian Budiman.

Ia menjelaskan, untuk jalur Mandeh yang akan ditingkatkan atau diperbaiki, keseluruhannya terdapat sebanyak enam titik, lima titik jembatan dan satu titik jalan. Semuanya ditergatkan sebelum November 2019 sudah clear.

"Jadi sebelum November nanti, semua jembatan sudah selesai. Begitu juga untik satu titik jalan terputus," jelasnya.

Lanjutnya, terkait hal itu, ia optimis pengerjaan dibeberapa titik jalan yang dilewati saat TDS nanti rampung sebelum jadwal TDS.

"Insyaallah semuanya selesai sebelum jadwal TDS 2019 mendatang,"tutupnya

Berikut etape TdS 2019 nantinya:

Etape I : Kota Pariaman - Tanah Datar.

Etape II : Pasaman - Bukittinggi.

Etape III : Payakumbuh - Sawahlunto.

Etape IV : Limapuluh Kota - Dharmasraya.

Etape V : Kabupaten Solok - Agam.

Etape VI : Padang Panjang - Solok Selatan.

Etape VII : Kayu Aro - Kerinci.

Etape VIII: Sungai Penuh - Pesisir Selatan.

Etape IX : Pesisir Selatan - Padang.

Kontributor: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga