Melalui Bumdes, Sekarang di Kota Pariaman ada Sekolah Tinggi Ilmu Beruk

Melalui Bumdes Sekarang di Kota Pariaman ada Sekolah Tinggi Ilmu Beruk Sekolah Tinggi Ilmu Beruk di Desa Apar, Kota Pariaman (Foto: Covesia/ Peri Musliadi)

Covesia.com - Melalui Badan Usha Milik Desa (Bumdes), Desa Apar Kota Pariaman, dirikan Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) Mandiri. Di sekolah tersebut nantinya beruk akan diajarkan bagaimana cara memetik buah kelapa.

Kepala STIB Mandiri, Hamidul Adhar mengatakan, sekolah beruk ini baru didirikan tahun 2019 ini. Nanti di sekolah tersebut beruk - beruk itu, akan diajarkan bagaimana cara memetik buah kelapa yang cepat.

"Beruk - beruk ini nanti akan dilatih oleh pelatih yang berpengalaman dibidangnya. Seperti yang mengerti tentang beruk," kata Hamidul, pada Selasa (10/9/2019).

Dikatakan Hamidul, di STIB nantinya ada kurikulum yang akan diajarkan kepada beruk tersebut. Seperti pengenalan diri (memberi makan dan memandikan), mengenalkan kepada beruk kelapa yang diletakan ditengah pohon kelapa, beruk diajarkan memutar kelapa bolong yang dimasukan kekayu.

"Kemudian beruk diajarkan menjatuhkan kelapa yang sudah digantungkan, selanjutnya diajarkan memetik buah kelapa, baik itu muda maupun tua, dan setelah pandai, baru beruk sudah siap untuk diturunkan ke lapangan," sebutnya.


Hamidul menyebutkan, di sekolah ini, nanti beruk - beruk tersebut dilatih selama 3 hingga 4 bulan. Untuk jadwalnya pagi dan sore hari, kemudian untuk umur yang dilatih biasanya umur beruk kisaran 1 sampai 2 tahun lebih.

Lanjut Hamidul, untuk saat ini sudah ada sekitar enam beruk yang dilatih di STIB Mandiri Apar ini. Kemudian untuk pelatihnya ada tiga orang.

"Sudah ada enam beruk yang diantar masyarakat untuk kami latih di sini. Kalau untuk biayanya, karena di sini masih baru. Jadi kami belum mematok biaya pelatihan ini. Biasanya para pelatih beruk hanya diberi upah sekedarnya saja, seperti dikasih rokok, makan dan hal lainnya," ungkap Hamidul.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga