Tuntut Transparansi Keuangan Kampus, Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Berunjuk Rasa

Tuntut Transparansi Keuangan Kampus Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Berunjuk Rasa Para demonstran menyuarakan aspirasi di kampus UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (10/9/2019)(Foto: Covesia/ M.Iqbal)

Covesia.com - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kampus melakukan unjuk rasa di Blok M, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Kuranji, Selasa (10/9/2019). 

Berdasarkan pantauan dari Covesia.com, para mahasiswa menuntut transparansi keuangan kampus, tampak beberapa orang demonstran membentangkan spanduk bertuliskan Uang Kuliah Tinggi (UKT) penuhi hak mahasiswa perbaiki fasilitas. 

Selain itu, terlihat spanduk yang menggambarkan kekecewaan mahasiswa terkait fasilitas yang diberikan oleh birokrasi kampus, spanduk itu bertuliskan pantaskah kami pelajar belajar di kandang kambing.

Hingga kini, para demonstran masih berkumpul di area kampus untuk mengumpulkan sejumlah masa sembari membakar ban, menggunakan atribut pocong dan membacakan puisi terkait kekecewaan mereka dengan transparansi keuangan dan fasilitas kampus.

Kemudian dalam rilisnya, para mahasiswa menginginkan transparansi apa saja yang telah dikerjakan oleh Rektor UIN IB padang. Sejak dilantik pada tanggal 05 April 2015, hingga sekarang .

Mereka menuntut kinerja wakil Rektor III yang mana tidak ada kejelasan atas kerjanya sebagai wakil rektor 3. Dikarenakan lembaga mahasiswa yang berada dibawah pimpinannya tidak berjalan sesuai dengan fungsi dan tugasnya .

Kemudian, menuntut Wakil rektor II untuk menstransparansikan semua keuangan kampus yang berasal dari UKT, APBN serta keuangan yang berasal dari sumber lainnya selama 4 tahun kepemimpinan rektor yang sekarang dalam kurun waktu 1 kali  24 jam. 

Menuntut pimpinan kampus melalui jajarannya untuk memperbaharui semua Fasilitas Kampus, terutama yang berhubungan dengan mahasiswa seperti gedung kuliah, kursi, AC, proyektor dan sebagainya.

Mereka menuntut apapun bentuk pungutan liar di Luar UK. Agar dihapuskan yang memberatkan mahasiswa, seperti penggunaan bus kampus yang masih meminta uang transportasi kepada mahasiswa/i fakultas yang menggunakan bus kampus tersebut. 

Kemudian para demonstran meminta untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan kampus. Tambah security untuk masing-masing fakultas serta lengkapi dengan CCTV dan menuntut agar beasiswa berupa bidik misi, Baznaz dan biaya siswa lainnya diberikan kepada mahasiswa yang benar-benar  berhak untuk menerimanya tanpa ada permainan dari birokrat kampus.

Hingga berita ini diturunkan, para demonstran berusaha untuk mengumpulkan masa dan menyorakan aspirasi mereka di dalam kampus. Tampak juga para pihak keamanan kampus dan kepolisian mengamankan aksi para demonstran mahasiswa tersebut

Kontributor Padang: M.Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga