Masyarakat Keluhkan Polusi Udara, DLH Agam Ambil Sampel di PT BSS

Masyarakat Keluhkan Polusi Udara DLH Agam Ambil Sampel di PT BSS Warga resahkan polusi udara dari asap pabrik PT BSS (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengambil sampel kualitas udara emisi boiler milik pabrik PT Bukit Sawit Semesta di Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Senin ( 9/9/2019).

Kepala DLH Agam, Hamdi melalui Kabid Pengawasan dan Pengendalian DLH Agam Meilinda mengatakan, tim yang diturunkan jumlah lima orang yang berasal dari UPT Laboratorium DLH dua orang, Bidang Pengawasan dan Pengendalian DLH Agam sebanyak tiga orang, kemudian didampingi Asisten Proses pengolahan PT BSS, Rival Heryadi serta pemerintah Nagari Manggopoh.

"Kita mengambil sampel dari emisi boiler menggunakan gas analyzer dan alat itu dimasukan ke corong asap boiler dan nantinya sampel akan dibawa ke UPT Laboratorium DLH," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Dikatakannya, pengambilan sampel tersebut sebagai tindak lanjut atas laporan masyarakat yang merasa terganggu dan mempertanyakan kwalitas udara yang keluar dari aktifitas pabrik pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) itu. "Hasil dari kwalitas udara ini nantinya akan keluar 2 minggu kedepan," lanjutnya.

Dijelaskan Meilinda, untuk PT BSS sendiri saat ini sudah memiliki izin lingkungan, dari Instansi terkait.

Sebelumnya diberitakan Masyarakat Jorong Pasar Durian, Nagari Manggopoh mengeluhkan debu dan asap tebal yang keluar dari Kegiatan operasi pabrik.

Pihaknya sudah melaporkan hal tersebut kepada pemerintah Nagari Manggopoh dan diteruskan kepada Pemda Agam, untuk melakukan uji kwalitas udara. Selain mengeluhkan Asap Dari PT BSS, warga juga merasa resah dengan pencemaran udara dari PT ATR yang juga beroperasi di nagari yang sama.

(han/don)



Berita Terkait

Baca Juga