80 Persen Karhutla di Aceh Barat Padam Karena Hujan

80 Persen Karhutla di Aceh Barat Padam Karena Hujan Ilustrasi - Asap membubung tinggi dari lahan yang terbakar di Muara Medak, Bayung Lincir, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu (14/8/2019). Foto: Antara

Covesia.com - Hujan lebat yang terjadi pada Minggu malam hingga Senin dini hari telah berhasil memadamkan sekitar 80 persen dari 1,5 hektare total luas lahan gambut yang terbakar di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat.

"Dari luas lahan yang terbakar, sekitar 1,2 hektare lahan sudah berhasil dipadamkan," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Masuri  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Senin (9/9/2019).

Menurut Mashuri, kebakaran lahan yang terjadi sejak Jumat (6/9) lalu tersebut juga mengakibatkan lahan baru yang berada di sekitar pemukiman warga ikut terbakar.

Meski pun demikian, pihaknya belum bisa memastikan penyebab pasti dari kebakaran hutan dan lahan di kawasan tersebut, karena lokasi kebakaran lahan ini berada di kawasan gambut dan sebelumnya belum pernah terbakar.

"Saat ini petugas pemadam kebakaran bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat masih terus berusaha memadamkan api, kita berharap pemadaman seluruh lahan yang terbakar ini dapat segera dilakukan," kata Mashuri menambahkan.

Ada pun kendala utama yang dihadapi petugas saat upaya pemadaman di lokasi kebakaran, kata dia, yakni jauhnya sumber air sehingga petugas terpaksa membawa peralatan tambahan guna mencari sumber air agar api bisa dipadamkan dan tidak menjalar ke lahan lainnya, katanya.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga