Tingkatkan Hasil Tangkap Ikan, Pemkot Pariaman Dorong Nelayan Gunakan Aplikasi Fish On

Tingkatkan Hasil Tangkap Ikan Pemkot Pariaman Dorong Nelayan Gunakan Aplikasi Fish On Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, mendorong para nelayan untuk gunakan aplikasi berbasis android bernama Fish On.

"Dengan adanya aplikasi Fish On ini, nelayan bukan lagi mencari ikan berkeliling-liling dengan kapal, tapi sudah bisa langsung menangkap ikan," sebut Walikota Pariaman, Genius Umar, pada Senin (9/9/2019).

Lanjut Genius, dengan adanya aplikasi itu, para nelayan sudah bisa mendeteksi kumpulan ikan yang ada di laut. Sehingga nelayan tinggal menangkapnya saja.

Genius menyebutkan, aplikasi Fish On ini, merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan start up, PT Daya Gagas Indonesia (DGI) yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.

"Aplikasi itu, dilengkapi fitur untuk menentukan daerah penangkapan ikan atau Fishing Ground. Sehingga nelayan dapat menemukan lokasi gerombolan ikan. Kemudian aplikasi ini sekaligus menuntun nelayan menuju titik daerah penangkapan ikan," kata Genius.

Dikatakan Genius, selain mempermudah dalam menangkap ikan, aplikasi itu juga bisa menghemat biaya operasional nelayan. Karena kapal tidak perlu lagi berputar untuk mencari ikan. Nelayan cukup menuju ke titik yang banyak ikannya. 

"Bahan Bakar Minyak (BBM) kapal nelayan bisa hemat, karena penangkapan ikannya terarah. Sebab tujuan ikannya sudah terlihat," kata Genius.

Kata Genius, semoga saja para nelayan yang ada di Kota Pariaman ini, bisa secepatnya menggunakan aplikasi Fish On.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga