Nagari II Koto Agam Manfaatkan Kotoran Ternak Jadi Biogas

Nagari II Koto Agam Manfaatkan Kotoran Ternak Jadi Biogas Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - Pemerintah Nagari II Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) manfaatan kotoran ternak untuk biogas.

Walinagari II Koto, Joni Safri mengatakan, biogas yang merupakan kerjasama dengan NDC Universitas Andalas (Unand) Padang. Bahan bakar jenis baru ini dihasilkan dari sistem penguraian bahan-bahan organik oleh mikro organisme sehingga dapat dijadikan sebagai sumber daya alternatif.

"Ini adalah salah satu inovasi yang dihasilkan untuk membantu kelangkaan sumber daya minyak, dan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada," ujarnya saat di konfirmaai Covesia.con Minggu (8/9/2019).

Menurutnya, manfaatkan Biogas sebagai pengganti elpiji dan bahkan dapat dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik ini lebih murah dibandingkan jika menggunakan bahan bakar minyak. Sehingga sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan biogas cukup murah dari pada elpiji karena bahan baku  budah didapat serta pemanfaatanya  lebih ramah lingkungan. 

"Kelangkaan elpiji tentunya akan terjadi, untuk itu pemanfaatan kotoran ternak bisa menjadi salah satu solusi. Saat ini kita masih dalam proses uji coba jika berjalan dengan baik akan langsung kita kembangkan ke masyarakat," terangnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga