BMKG Bakal Pasang Dua Alat Pendeteksi Gempa di Pasaman

BMKG Bakal Pasang Dua Alat Pendeteksi Gempa di Pasaman Bupati Pasasaman, Yusuf Lubis saat menerima rombongan Kepala Yudisial Padang Panjang sekaligus Kordinator BMKG Sumatera Barat, Irwan diruang kerjanya, Jumat (6/9/2019)

 Covesia.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat segera memasang dua unit alat pendeteksi gempat di Kabupaten Pasaman pada bulan September 2019 ini.

Kepala Yudisial Padang Panjang sekaligus Kordinator BMKG Sumatera Barat, Irwan mengatakan pemasangan dua alat tersebut untuk mengantisipasi dan mendeksi terkait adanya Potensi Gempa di Pasaman seperti yang terjadi pada tahun 2007 lalu berkekuatan 5.6 Skala Rechter.

"Pemasangan dua alat ini akibat kecilnya aktifitas gempa tersebut. Kemudian tidak adanya sensor sehingga tidak terdeteksi dengan alat yang ada di Padang Panjang. Insyaallah pada pertengahan Bulan September ini akan kita pasang," terang Irwan di ruangan Kantor Bupati Pasaman, Jumat (6/9/2019).

Irwan mengatakan untuk titik pemasangan alat pendeteksi gempa di Kabupaten Pasaman tersebut akan di Kecamatan Simpati dan Kecamatan Mapat Tunggul.

"Untuk keamanan dari alat tersebut sengaja di pasang di halaman kantor Camat," tambahnya.

Sementara Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan dengan adanya alat tersebut akan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat, sehingga akan dapat lebih  waspada terhadap Gempa.

"Pemerintah Daerah akan membantu sepenuhnya rencana pemasangan alat tersebut baik tempat maupun keamanan dari alat tersebut," sebut Bupati.

(her)

Berita Terkait

Baca Juga