Parkir Sembarangan, Dishub Padang Akan Perlakuan Sistem Derek

Parkir Sembarangan Dishub Padang Akan Perlakuan Sistem Derek Tampak mobil yang parkir sembarangan di badan jalan Sudirman kota Padang (Foto: Covesia/ Iqbal)

Covesia.com - Tertanggal pada tanggal 1 Oktober 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan menerapkan sistem derek bagi kendaraan yang parkir sembarangan. Hal itu diterapkan agar pengguna jalan raya bisa aman dan nyaman. 

Kepala Dishub Kota Padang, Dian Fakhri mengatakan, keberadaan kendaraan yang parkir sembarangan sering dikeluhkan pemakai jalan, terutama di jalan yang padat dan penuh lalu-lintas. 

"Sebenarnya, aturan ini telah ditetapkan, bagi pengendara yang parkir sembarangan akan ditilang Polisi, namun kali ini akan gunakan mesin penderek agar kendaraan itu bisa langsung diangkut," ucapnya kepada Covesia.com di Padang, Jumat (6/9/2019).

"Dulunya kami belum ada mobil derek yang bisa mengangkat ban belakang kendaraan roda empat, mudah-mudahan mobil derek yang kami inginkan sudah tiba di kantor dan bisa dilakukan patroli pada tanggal 1 Oktober 2019," tambahnya.

Dian menambahkan, sebelum diderek, mobil akan digembok selama 15 menit, jika selama waktu itu pemilik kendaraan tidak datang, pihaknya yang tergabung dengan Polresta, Satpol PP, Corp Polisi Militer akan mengangkut kendaraan itu ke Mako Dishub. 

"Pelanggaran ini tidak hanya berlaku untuk kendaraan pribadi, ini juga berlaku untuk kendaraan milik pemerintah atau kendaraan yang punya plat merah," tegasnya.

Lanjut Dian, ia menginginkan agar masyarakat Kota Padang mematuhi aturan lalu lintas. "Saya harap masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya aturan," tuturnya.

Kontributor Padang: M.Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga