Persiapan Pemkot Pariaman Jelang Pergelaran 'Hoyak Tabuik Piaman'

Persiapan Pemkot Pariaman Jelang Pergelaran Hoyak Tabuik Piaman

Covesia.com - Pergelaran Pesona Hoyak Tabuik Piaman akan segera digelar, Walikota Pariaman berharap hendaknya setiap tahunnya pesta budaya tabuik ini harus ada perubahan kearah yang lebih baik lagi.

"Saya meminta setiap tahunnya pesta budaya tabuik ini dari waktu ke waktu harus ada perubahan. Seperti adanya tabuik-tabuik kecil, yang nantinya dibuat oleh 55 desa yang ada di Pariaman. Kemudian ikut dihoyak disekitar panggung utama," sebut Walikota Pariaman, Genius Umar, pada Kamis (22/8/2019), saat rapat koordinasi tentang pembentukan panitia pelaksana pesona hoyak Tabuik Piaman.

Lanjut Genius, hal itu guna lebih memeriahkan acara dan menghibur  pengunjung yang datang. Ia juga mengusahakan dalam pesta tabuik kali ini untuk menghadirkan Menteri Pariwisata Arif Yahya.

"Saya akan usahakan agar Menteri Pariwisata bisa hadir dalam acara tabuik nanti," ujar Genius.

Dikatakan Genius, Tabuik Piaman ini merupakan tradisi yang sudah berjalan selama ratusan tahun yang selalu dilestarikan oleh masyarakat Pariaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Alfian mengatakan untuk prosesi pembuatan tabuik itu sendiri akan diadakan dari tanggal 1 hingga 15 September 2019.

"Tahapannya diawali dengan mengadakan pawai obor dan tabligh akbar. Nanti akan dipusatkan di Pantai Gandoriah dan Tugu Tabuik Kecamatan Pariaman Tengah," ungkap Alfian.

Dikatakan Alfian, Pesona Hoyak Tabuik Piaman ini, merupakan kegiatan tahunan Disparbud Kota Pariaman, yang digelar setiap 1 sampai 10 Muharram.

“Adapun tahapan yang dilalui dengan beberapa ritual yang memang tidak bisa ditinggalkan. Karena ritual tersebut dianggap sakral oleh anak-anak tabuik, niniak mamak, dan tuo tabuik pasa dan tabuik subarang," ungkap Alfian.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga